Mari Mengkartunkan Indonesia

Indonesia memiliki peninggalan budaya dan tradisi yang sangat beraneka ragam. Indonesia juga memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa. Tapi taukah kalian di Negara-negara Eropa, Amerika dan Afrika nama Indonesia masih kalah mentereng daripada Malaysia, Singapura bahkan Bali.

Kita sebagai anak bangsa ga' usah nyalahin sana-sini , lagipula kita dah capek ngeliat Indonesia di jajah sama bangsanya sendiri . Kita yang berjiwa muda ini harus selalu semangat, bangkitkan rasa nasionalisme dengan cara kita sendiri. Ayo kita kenalkan Indonesia ke seluruh dunia dengan kartun.

Kenapa ko harus lewat kartun? ada contohnya nih, sewaktu masih kecil di era 90 an kita dah dicekokin kartun-kartun dari Jepang. Misalnya Doraemon, Ninja Hattori, Kobo chan, Shincan dll. Secara tidak lansung kita mengenal budaya , tradisi bahkan kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang. Hal yang sama juga dilakukan tetangga kita Malaysia dengan Upin-Ipin nya , kartun tersebut sangat digemari di Indonesia baik anak-anak maupun orang dewasa.

Sebuah penyampaian yang sederhana dan lucu , dua hal yang sangat identik dengan kartun. Dengan tawa dan canda secara tidak langsung kita dah diberikan pengetahuan akan arti kehidupan, persahabatan, cinta, hanya dengan KARTUN.

Membaca paragraph ketiga slalu bikin geretan, lalu dimana kartun karya anak Indonesia?Sebenarnya kita tuh mampu, anak muda kreatif di Indonesia bisa menciptakan kartun-kartun yang tidak kalah keren. Namun beberapa sumber mengatakan kalo anak muda kreatif kita kesulitan dana untuk mengembangkan kartun-kartun karya. Bahkan beberapa kartunis dan animator kita harus rela bekerja dan menjual karyanya di Negara lain. Bukan karena mereka tidak cinta dengan Indonesia, sebenarnya mereka mau karyanya untuk bangsa ini, tapi bagamana lagi? Di negaranya sendiri mereka justru tidak begitu dihargai. Produser-produser di Indonesia blom menganggap Kartun Indonesia sebagai bisnis yang potensial, mereka lebih memilih mengembangkan “Sinetron”.

Memulai dengan yang hal yang kecil

Big dream has to start from a small (Mimpi yang besar harus dimulai dari yang kecil). Sebuah pepatah yang pas untuk mengiringi langkah mencapai tujuan. Kita akan memulai dengan membentuk komunitas pecinta kartun Indonesia dengan media kaos. Mulai dari sekarang marilah kita bangga dengan karya-karya anak Indonesia. Kita harus bangga dengan budaya dan tradisi Indonesia, kita harus bangga dengan designer Indonesia, kita harus bangga memakai produk asli Indonesia.

Dengan brand Various Cartoon kita akan kenalkan Indonesia keseluruh dunia lewat kartun. Mari mengkartunkan Indonesia :)

variouscartoon 2011


1 komentar: